Sunday, October 11, 2009

Jumlah Umat Islam 1/4 Penduduk Dunia

Do You Know?

Jumlah umat Islam di seluruh dunia mencapai seperempat total jumlah penduduk dunia. Mereka tersebar di Asia (20%), Eropa (5% atau sekitar 38 juta jiwa), Amerika (7 juta), dan kawasan lainnya. Data ini merupakan hasil survei terbaru lembaga survei Amerika Serikat, Pew Research Center, seperti dikutip IslamOnline.net (9/10).

“Ada 1,57 milyar Muslim di seluruh dunia saat ini,” demikian kesimpulan hasil studi bertajuk “Mapping the Global Muslim Population: A Report on the Size and Distribution of the World's Muslim Population” tersebut. Survei menunjukkan, jumlah kaum Muslim mencapai 23% dari 6,8 juta total penduduk dunia. “Dari total penduduk Muslim, penganut Syi’ah berkisar antara 10-13% dan sisanya, 87-90%, beraliran Sunni.”

Menurut studi itu, berdasarkan data dari 232 negara dan kawasan, Asia ditempati hampir 20% dari total penduduk Muslim dunia. Indonesia merupakan negara Muslim terbesar di dunia dengan 203 juta jiwa kaum Muslim, sekitar 13% dari total penduduk Muslim dunia. Negara Muslim terbesar kedua adalah Pakistan (174 juta). Urutab berikutnya India (161 juta), Bangladesh (145 juta), Iran (74 (juta), dan Turki (74 juta). “Jika disatukan, jumlah Muslim di enam negara tersebut mencapai 85% dari total penduduk Muslim di Asia dan lebih dari setengah (53%) dari total penduduk Muslim sedunia”.

Hampir setengah Muslim Asia terkonsentrasi di negara-negara Asia Tenggara. Rinciannya Asia Tenggara 26% dan Asia Tengah-Barat 24%.

Muslim di Timur Tengah dan Afrika Utara berjumlah 315 juta, sekitar 20% dari total penduduk Muslim dunia. Ada 240 juta Muslims di sub-Saharan Afrika, sekitar 15 persen dari penduduk Muslim dunia. Sepertiga tinggal di Nigeria, sekitar 74 juta Muslims atau 50% dari total penduduk negara ini.

Mayoritas negara Afrika berpenduduk Muslim, dengan rincian: Mauritania (99%), Niger (99%), Somalia (99%), Mayotte (98%), Comoros (98%), Djibouti (97%), Senegal (96%), Gambia (95%), Mali (93%), Guinea (84%) and Sierra Leone (71%).

Minoritas Muslim

Hasil studi juga mencatat, seperlima kaum Muslim dunia (300 juta) tinggal di negara-negara non-Muslim alias sebagai penduduk minoritas. India merupakan negara berpenduduk minoritas Muslim terbesar di dunia. Jumlah Muslim India menempati posisi ketiga setelah Indonesia dan Pakistan.

“Cina memiliki jumlah penduduk Muslim lebih banyak daripada Syria. Penduduk Muslim di Russia lebih banyak dari gabungan Muslim Jordania dan Libya.” Muslim Cina berjumlah 22 juta jiwa, dengan konsentrasi terbesar di provinsi Xinjiang, Ningxia, dan Gansu. Mayoritas penduduk Xinjiang bahkan Muslim, hampir 53% dari total penduduk. Minoritas Muslim di Eropa 38 juta jiwa atau 5% dari total penduduk benua ini, terkonsentrasi di Eropa barat dan tengah.

Russia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di Eropa, dengan jumlah lebih dari 16 juta Muslim Jerman menjadi negara berpenduduk Muslim terbesar di Eropa barat, dengan jumlah lebih dari 4 juta Muslim. Di Prancis jumlah umat Islam 3.5 juta, Inggris 2 juta (3%), dan Italy 36,000 Muslim . दीbenua Amerika, jumlah kaum Muslim 46 juta. Sekitar 2.5 jutra tinggal di Amerika Serikat dan 700,000 di Kanada. Minoritas Muslim terbesar di kawasan Amerika adalah di Suriname, 16% dari total penduduk. Argentina memiliki 800,000 Muslim, terbesar di Amerika selatan.

Beberapa data hasil studi itu tidak sama dengan data sejumlah organisasi Islam. Di Amerika Serikat, misalnya, jumlah Muslim ditaksir lebih dari 7 juta jiwa dan di Prancis ada 6 juta kaum Muslim.

(iol/mpw/romeltea.com).

No comments:

Post a Comment

Karena Komentar Anda Begitu Berharga.. :D