Wednesday, July 5, 2017

Ghaida 18 Bulan




Tepat tanggal 30 Juni kemarin, balita fantastik ini genap berumur 18 bulan. Satu semester lagi akan memperoleh gelar S3, meski abi ummi tidak begitu “mewajibkan” Ghaida sampai S3. Hehe. Nah, sekarang saya ingin membahas kemampuan verbal Ghaida sampai umurnya 18 bulan ini. Saya pribadi takjub dengan bagaimana bayi merekam dan menyimpan kosakata dalam memorinya. Kata pertama Ghaida ucapkan hampir bersamaan dengan jadwal pemberian MP-ASInya dan sampai umurnya 18 bulan ini, pertambahan kosa kata yang bisa dia ucapkan lumayan pesat menurut saya. Alhamdulillah.

Kata-kata yang sudah bisa diucapkannya sampai berkali-kali adalah:
Jatuh, sakit, air, Allah, Allahuakbar, aamiin, haus, pohon, popok, sapu, makan, minum, abi, hp, pedis, baca, bobo, pipis, balon, bola, yoyo, habis, duduk, nenen, kucing, gigi, pipi, mata, sepatu, pintu, tutup, mana, baju, sudah.

Selebihnya, dia bercakap dengan cara mengoceh. Beberapa instruksi juga sudah bisa diterimanya. Misalnya: mencium & memeluk abi umminya, melakukan gerakan shalat dengan baik seperti takbiratul ihram, sujud, menggoyang-goyangkan telunjuk ketika duduk tasyahud, berdoa, memasang dan membuka sepatu, menutup dan membuka pintu, mengambilkan hp abi/ummi, menunjuk benda-benda yang disebutkan seperti air, popok, minyak telon, pohon, jam dinding, rambut, hidung, mulut, gigi, telinga, pipi, perut, jenggot abi, wajahnya, wajah abi/ummi di bingkai foto, membuang kertas di tempat sampah, mengoceh (membaca,red) ketika memegang mushaf dan buku, dll.

Begitulah cara kami merekam dan mengevaluasi perkembangannya. Harapan saya 1 semester ke depan adalah menambah koleksi buku anak dan rutin memperdengarkan murattal anak. Semenjak sudah bisa jalan di umur 11 bulan, dia tipikal anak yang diam jika sudah tidur. Membacakannya buku dan melihat video tahfizh Qur’an di youtube adalah salah satu kegiatan yang bisa membuatnya duduk diam dan memperhatikan. Semoga dimudahkan. Abi, ummi, Ghaida dikuatkan :)
Bismillah.

No comments:

Post a Comment

Karena Komentar Anda Begitu Berharga.. :D